Jumat, 28 September 2007

Layu Bakteri Timun

Layu bakteri

Penyakit layu pada timun juga dapat disebabkan oleh bakteri Pseudomonas solanacearum E.F. Smith. Penyakit layu bakteri juga mematikan, tidak lama setelah gejala tampak.

Tanaman timun yg terserang bakteri gejala layu tampak pada bagian tubuh tanaman, Setelah beberapa waktu, tanaman akan layu secara keseluruhan. Gejala luar layu bakteri mirip dengan layu fusarium. Kedua penyakit ini dapat dibedakan dengan melihat gejala bagian dalam tanaman. Pada layu bakteri, batang timun jika dipotong akan tampak berlendir (lendir berwarna kemerahan), Akibat serangan bakteri ini, jaringan pembuluh pengangkutan di dalam batang tidak berfungsi sehingga pengangkutan air dan zat-zat hara terhenti.

Penyebaran bakteri ini dapat melalui air, serangga, nematoda, alat-alat pertanian yg baru dipergunakan untuk menebang tanaman sakit lalu digunakan untuk memangkas tanaman lain yg sehat. Bakteri dapat menginfeksi ke seluruh tubuh tanaman.

Penyakit layu bakteri, selain menyerang timun, juga menyerang tanaman lain seperti tembakau, kacang tanah, kentang, melon, lada, jahe, jeruk, ubi kayu, cabai dan semangka.

Tidak ada komentar: