Sabtu, 22 September 2007

Karat Kacang Panjang

Karat

Penyakit karat menyerang daun dan polong kacang panjang. Pemyakit ini disebabkan oleh cendawan Uromyces phaseoli (Pers). Wint var typica Arth. Cendawan ini juga dikenal dengan nama Uromyces appendiculatus (Pers) Ung.

Cendawan ini mudah beradaptasi dan dapat bertahan hidup lebih dari setahun pada sisa-sisa tanaman sakit. Perkembangbiakan cendawan ini sangat cepat jika kelembaban tinggi terutama pada musim penghujan. Penybarannya dapat melalui angin, pengairan maupun percikan air hujan, serangga, pekerja kebun dan peralatan pertanian.

Cendawan menginfeksi melalui mulut daun. Pada kondisi cuaca mendung, (suhu udara 21-25oC) infeksi cendawan ini sangat cepat. Infeksi menyebabkan klorofil daun rusak sehingga daun yg terinfeksi tidak dapat melakukan fotosintesis dg sempurna.

Daun yg diserang penyakit karat mula-mula berbercak-bercak kecil berwarna putih. Selanjutnya bercak-bercak tersebut berubah warna menjadi coklat bertepung seperti karat dan bercak-bercak itu dikelilingi warna kuning (klorosis). Pada tingkatan yg lebih parah, bercak-bercak berubah warna menjadi coklat tua dan jaringan daun telah mati. Kerugian yg dapat ditimbulkan oleh penyakit karat tergolong besar.

1 komentar:

Rongolawe mengatakan...

Cara ngantisifasi nya gmana gan,?
Tanaman udah trserang..