Sabtu, 22 September 2007

Bercak Cercospora Kacang Panjang

Bercak Daun Cercospora

Bercak coklat disebabkan Cercospora canencens ell. et Mart. Jamur ini juga disebut Isariopsis griseola sacc dan Phaeoisariopsis griserola. Jamur ini dapat betahan hidup sampai dua tahun pada sisa-sisa tanaman sakit di dalam biji. Kondisi lingkungan lembab dengan suhu udara antara 20-24oC sangat cocok untuk berkembangnya jamur ini.

Penyebaran cendawan ini ke tanaman lain dapat dengan perantaraan angin, percikan air, alat pertanian, serangga dan pekerja kebun. Cendawan ini memiliki konidium berwarna putih bening berbentuk gada terbalik dan bersekat. Jamur ini merusak klorofil daun sehingga menyebabkan proses asimilasi berjalan tidak sempurna.

Tanaman kacang panjang yg diserang cendawan ini menunjukkan gejala daunnya berbercak coklat dengan jumlah cukup banyak, bercak berbentuk bulat dengan diameter antara 1-5 mm dan di sekeliling bercak berwarna kuning. Di samping itu, bercak pada permukaan daun bagian bawah berwarna hitam. Pada umumnya, serangan cendawan tersebut banyak terdapat pada daun tua. Pada serangan berat daun akan layu dan gugur. Cendawan ini dapat menyerang polong, tangkai daun, biji dan batang. Pada musim kemarau penyakit ini jarang dijumpai.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

KEMARIN GUE DAPAT INPO KURANG ENAK BOZ, TERNYATA ASBES YANG BIASANYA DIPAKE BUWAT ATAP RUMAH JUGA SANGAT BAHAYAAAAA KALO LU PENGEN LIHAT BERITANYA, LIHAT DISINI
SEMOGA RUMAH KALIAN GAK GANDUNG ASBES YAAA BOZZ